Selasa, 04 Maret 2014

Tutorial: Cara Menginstal dua OS di satu PC (Dual Boot)

     Dual Boot adalah pemakaian 2 sistem operasi di satu perangkat komputer.Apakah sulit melakukan dual boot? Tidak jika kita tahu caranya.Kunci dari dual boot adalah pintar-pintarlah mengatur partisi yang akan digunakan.

     Yang akan kita lakukan pertama kali jika komputer sudah membunyai OS adalah atur partisi yang akan digunakan.Yaitu hapus semua partisi yang di pakai komputer.Setelah dihapus,buat partisi baru dengan ukuran 8000 MB untuk linux swap.Linux Swap ini berfungsi sebagai RAM tambahan yang ada di Hardisk.

contoh gambar.


     Langkah kedua buat lagi partisi untuk file system dari Linux dengan ukuran 100000 MB yang berjenis ext4.Format ext4 ini hanya bisa dibaca linux,sistem operasi windows tidak akan bisa membaca.
 contoh gambar.

     Langkah ketiga buat partisi untuk sistem operasi lain,misalnya: Windows dengan ukuran 30000 MB.Untuk partisi yang tersisa kita bisa gunakan untuk untuk partisi data tapi dengan merubah partisi primery menjadi extended sesuai keinginan yang jenisnya ntfs.
 contoh gambar.

     Langkah selanjutnya instal windows ikuti langkah-langkahnya.Space partisi yang tersisa usahakan gunakan dengan sebaiknya.Jika memungkinkan memori yang tersisa bisa dapat digunakan untuk menginstal sistem operasi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar